Skip to main content

Pramoedya Ananta Toer, Beken Setelah Dicekal


Gadis Ngobrol


Penulis beken yang sempat menuai kontroversi ini tercatat sebagai salah satu penulis yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Tulisannya yang banyak menyentuh soal perbedaan etnis dan budaya ini sempat membuat buku-bukunya dibreidel pada masa Orde Baru.

Nggak hanya menyita buku-buku Pram, pada saat itu dia juga ditahan dan diasingkan ke Pulau Buru selama 10 tahun (1969-1979), lalu selanjutnya menjadi tahanan rumah dan kota sampai tahun 1999. 
Menurut Sejarahwan Asvi Warman Adam, buku Pram itu dilarang karena isinya yang mengangkat tentang etnis Tiong Hoa. Pemerintah menuduh Pram seakan-akan menjual negara ke RRC. Padahal, Pram terkenal sebagai salah satu penulis yang sangat produktif di dunia sastra Indonesia, lho. Bayangkan saja, ada lebih dari 50 tulisan, yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing.

Meskipun dilarang menulis selama ditahan di Pulau Buru, tapi Pram tetap menyelesaikan salah satu karyanya yang sangat terkenal, yaitu Bumi Manusia. Novel ini bercerita tentang perjuangan seseorang dalam melawan penjajahan Belanda dan tradisi Jawa. Buku ini adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pram. Pssstt, Bumi Manusia yang juga diterbitkan dalam Bahasa Inggris ini katanya akan segera difilmkan oleh Riri Riza dan Mira Lesmana, lho.

Pram meninggal pada 30 April 2006, di usia 81 tahun. Selama hidupnya, selain kontroversi, banyak sekali prestasi yang sudah diukirnya. Seperti: Ramon Magsaysay Award, Chancellor's distinguished Honor Award, New York Foundation for the Arts Award, dan masih banyak lagi.

Adopt from GADIS

(Nike)

Comments

Popular posts from this blog

KULIAH vs SEKOLAH :: PART II

Senioritas Perbedaan :Status junior dan senior nggak terlalu berpengaruh lagi. Kita akan saling membutuhkan satu sama lain. Persamaan :Saat awal masuk kuliah, senioritas masih terasa, karena kita akan mengalami masa orientasi. Namun, jangka waktu dan bentuk senioritas ini tergantung culture universitas dan jurusannya. Tapi, umumnya ini dilakukan untuk tujuan baik dan disiapkan dengan matang. Semacam latihan kepemimpinan.
Outfit Perbedaan :Bye bye sragam sekolah!! :D :D Di mayoritas universitas, mahasiswanya pakai baju bebas. Di sini kita bisa mengeksplorasi gaya. Gaya andalan saat ke kampus tuh yang nyaman, effortless dan mencerminkan diri kita. Yang nggak kalah penting, kita bisa mengasah kemampuan mix and match. Soalnya, kita bakal ngerasa kehabisan baju untuk dipakai setiap hari. Persamaan :Ada beberapa fakultas atau dosen yang menerapkan aturan khusus dalam berpakaian, seperti harus pakai sepatu atau atasan berkerah.

Duta UBAYA ♥

Hari ini merupakan hari yang sangat hebat buat saya! Di saat teman-teman saya belajar keras untuk UAS besok, saya membuka laptop dan menulis di blog ini. Ya, saya sangat tertarik untuk cerita tentang apa itu Duta UBAYA! ♥

Sebelum menuju ke Duta UBAYA, aku mau sedikit cerita tentang UBAYA. UBAYA adalah singkatan dari Universitas Surabaya, jelas letaknya yaitu di Surabaya Jawa Timur. Sekilas saja mengenai UBAYA, berikut adalah penghargaan yang dimiliki oleh UBAYA.
Universitas Swasta Terbaik Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo8 besar Universitas Swasta Terbaik se-Indonesia 2010 versi Majalah TempoUniversitas Swasta Terbaik se-Indonesia Responden Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo2 besar Universitas Swasta Terbaik dengan Biaya Terjangkau se-Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo7 besar Situs Web Terbaik Universitas Swasta se-Indonesia versi 4 Internasional College & Universitas
Dari beberapa award di atas sudah menunjukkan kalau UBAYA merupakan Universitas yang berkualitas namun tetap deng…

Agnes Monica??

Wah..
Pa kabar nii?
Udah lama nih aku nggak posting..
Banyak banget kesibukanku dari skolah, kegiatan di luar, dan yang paling penting yaitu banyaknya tugas-tugas sekolah.. Akhirnya, aku bisa posting lagi kali ini..

Kemarin nih.. Aku abis nonton Indonesian Idol. Apa sih yang buat aku begitu pengennya nonton Indonesian Idol?"Aku tertarik sama style nya Agnes Monica..!" Wow,, dia tu cantik banget. Dengan cita-citanya yang pengen GO INTERNATIONAL, membuat aku pengen kayak dia! Yaa, bukan dengan nyanyi sih.., coz aku nggak terlalu bisa nyanyi.. Ditambah lagi nih, dia tuh kalau ngedance keren banget! Aku pengen bisa ngedance kayak dia. Tapi nggak bisa sebagus dia.. >.<

Agnes juga sudah manggung di Korea Selatan lho! Semua warga Korea di sana juga respect kok sama kedatangan Agnes. Tahun 2008 dan 2009, secara berturut-turut Agnes juga mendapatkan penghargaan Asia Song Festival di Korea Selatan!!

Tapi emang nggak perlu kaget deh, perjuangan Agnes untuk sampai di sini aja udah …