Skip to main content

KULIAH vs SEKOLAH :: PART I

Waktu
Perbedaan : Kalau masuk sekolah pukul 06.30 atau 07.00 sampai siang, saat kuliah jamnya acak. Bisa jadi, kita ada kelas di pukul 09.00-11.00, kemudian baru lanjut kuliah lagi pukul 14.30. Atau, dalam seminggu kita hanya kuliah empat hari. Hal lain yang paling menyenangkan dari kuliah adalah liburan kenaikan semesternya lebih panjang, sampai tiga bulan. Yippiee!
Persamaan : Hampir nggak ada.


Pelajaran
Perbedaan : Karena saat masuk universitas kita sudah memilih jurusan, maka mata kuliahnya pun lebih fokus sesuai bidang tersebut. Biasanya tiap semester akan ada 5 sampai 8 mata kuliah. Selain itu, sistem perkuliahannya adalah moving class
Persamaan : Di semester awal kita masih akan ketemu beberapa pelajaran dasar seperti Pancasila, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.



Nilai
Perbedaan : Nggak ada sistem remedial atau ujian perbaikan. Kalau nilai kita jelek (nilai minimal C), resikonya adalah nggak lulus dan harus mengulang kembali mata kuliah tersebut selama 1 semester. Standar umum nilai yang bisa kita peroleh adalah: A (angka 80 ke atas), B (70-79 poin), C (60-69), D (50-59), E (50 ke bawah). Untuk nilai A kita akan mendapat poin = 4, B=3, C=2, D=1 dan E=0.
Tiap mata kuliah memiliki bobot SKS (Satuan Kredit Semester) tertentu dan nilai yang diperoleh akan dikalikan bobot tersebut. Misalnya, mata kuliah X memiliki bobot 4 SKS, dan nilai kita adalah B (3 poin), berarti nilai kita untuk mata kuliah tersebut adalah 4x3=12. Nantinya, dari rata-rata nilai seluruh mata kuliah akan muncul IP (Indeks Prestasi), dengan skala 1 sampai 4. Untuk bisa lulus, kita harus mengumpulkan jumlah SKS tertentu. Biasanya untung jenjang S1 adalah 144 SKS, yang umumnya bisa dicapai dalam 8 semester.
Persamaan : Ada UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester) untuk tiap mata pelajaran. Bedanya, ujian bisa berbentuk tes biasa dan bisa pula open book atau tugas (take home  test). Itu tergantung kebijakan dosen.


Pengajar
Perbedaan : Dosen nggak akan repot-repot mengingatkan kita untuk mengumpulkan tugas atau memperhatikan pelajaran. Di sini kitalah yang tanggung jawab penuh terhadap diri sendiri.
Persamaan : Seperti guru, dosen juga punya berbagai karakter, ada yang killer, santai, seru, dan banyak lainnya.


Pergaulan
Perbedaan : Kalau waktu sekolah masih ada geng populer, dan ada orang-orang yang berusaha masuk geng tersebut, maka agak berbeda dengan di kampus. Di bangku kuliah, bisa dibilang siapa saja bisa bersinar dengan keunikan masing-masing. Sebaliknya, orang yang pilih-pilih dalam bergaul, akan susah untuk bertahan. Soalnya, di sini kita harus kerjasama dengan banyak teman. Tapi di saat kuliah pula kita jadi punya kecenderungan untuk lebih induvidual.
Persamaan : Anggapan yang bilang kalau kekonyolan, seru-seruan dan sobat kental nggak bakal bisa lagi ditemukan saat kuliah, salah besar. Semua kesenangan itu masih ada di universitas.


(Gadis mgz)

Comments

like :D
ditunggu part selanjutnya :D
Rara : okee :D
Bieber : hehe :)

Popular posts from this blog

KULIAH vs SEKOLAH :: PART II

Senioritas Perbedaan :Status junior dan senior nggak terlalu berpengaruh lagi. Kita akan saling membutuhkan satu sama lain. Persamaan :Saat awal masuk kuliah, senioritas masih terasa, karena kita akan mengalami masa orientasi. Namun, jangka waktu dan bentuk senioritas ini tergantung culture universitas dan jurusannya. Tapi, umumnya ini dilakukan untuk tujuan baik dan disiapkan dengan matang. Semacam latihan kepemimpinan.
Outfit Perbedaan :Bye bye sragam sekolah!! :D :D Di mayoritas universitas, mahasiswanya pakai baju bebas. Di sini kita bisa mengeksplorasi gaya. Gaya andalan saat ke kampus tuh yang nyaman, effortless dan mencerminkan diri kita. Yang nggak kalah penting, kita bisa mengasah kemampuan mix and match. Soalnya, kita bakal ngerasa kehabisan baju untuk dipakai setiap hari. Persamaan :Ada beberapa fakultas atau dosen yang menerapkan aturan khusus dalam berpakaian, seperti harus pakai sepatu atau atasan berkerah.

Duta UBAYA ♥

Hari ini merupakan hari yang sangat hebat buat saya! Di saat teman-teman saya belajar keras untuk UAS besok, saya membuka laptop dan menulis di blog ini. Ya, saya sangat tertarik untuk cerita tentang apa itu Duta UBAYA! ♥

Sebelum menuju ke Duta UBAYA, aku mau sedikit cerita tentang UBAYA. UBAYA adalah singkatan dari Universitas Surabaya, jelas letaknya yaitu di Surabaya Jawa Timur. Sekilas saja mengenai UBAYA, berikut adalah penghargaan yang dimiliki oleh UBAYA.
Universitas Swasta Terbaik Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo8 besar Universitas Swasta Terbaik se-Indonesia 2010 versi Majalah TempoUniversitas Swasta Terbaik se-Indonesia Responden Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo2 besar Universitas Swasta Terbaik dengan Biaya Terjangkau se-Jawa Timur 2010 versi Majalah Tempo7 besar Situs Web Terbaik Universitas Swasta se-Indonesia versi 4 Internasional College & Universitas
Dari beberapa award di atas sudah menunjukkan kalau UBAYA merupakan Universitas yang berkualitas namun tetap deng…

Agnes Monica??

Wah..
Pa kabar nii?
Udah lama nih aku nggak posting..
Banyak banget kesibukanku dari skolah, kegiatan di luar, dan yang paling penting yaitu banyaknya tugas-tugas sekolah.. Akhirnya, aku bisa posting lagi kali ini..

Kemarin nih.. Aku abis nonton Indonesian Idol. Apa sih yang buat aku begitu pengennya nonton Indonesian Idol?"Aku tertarik sama style nya Agnes Monica..!" Wow,, dia tu cantik banget. Dengan cita-citanya yang pengen GO INTERNATIONAL, membuat aku pengen kayak dia! Yaa, bukan dengan nyanyi sih.., coz aku nggak terlalu bisa nyanyi.. Ditambah lagi nih, dia tuh kalau ngedance keren banget! Aku pengen bisa ngedance kayak dia. Tapi nggak bisa sebagus dia.. >.<

Agnes juga sudah manggung di Korea Selatan lho! Semua warga Korea di sana juga respect kok sama kedatangan Agnes. Tahun 2008 dan 2009, secara berturut-turut Agnes juga mendapatkan penghargaan Asia Song Festival di Korea Selatan!!

Tapi emang nggak perlu kaget deh, perjuangan Agnes untuk sampai di sini aja udah …