just a very little wonderful life story
just a little from me
(: eunike :)
HELLO :D. Actually welcome to my blog. This is my simple blog, I hope you get many information here. Story in my life that maybe inspired you. Enjoy reading bloggers! *big hug*

Photobucket
Photobucket

Photobucket
Photobucket

Saturday, February 5, 2011 @ 6:14 PM
KULIAH vs SEKOLAH :: PART I
Waktu
Perbedaan : Kalau masuk sekolah pukul 06.30 atau 07.00 sampai siang, saat kuliah jamnya acak. Bisa jadi, kita ada kelas di pukul 09.00-11.00, kemudian baru lanjut kuliah lagi pukul 14.30. Atau, dalam seminggu kita hanya kuliah empat hari. Hal lain yang paling menyenangkan dari kuliah adalah liburan kenaikan semesternya lebih panjang, sampai tiga bulan. Yippiee!
Persamaan : Hampir nggak ada.


Pelajaran
Perbedaan : Karena saat masuk universitas kita sudah memilih jurusan, maka mata kuliahnya pun lebih fokus sesuai bidang tersebut. Biasanya tiap semester akan ada 5 sampai 8 mata kuliah. Selain itu, sistem perkuliahannya adalah moving class
Persamaan : Di semester awal kita masih akan ketemu beberapa pelajaran dasar seperti Pancasila, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.



Nilai
Perbedaan : Nggak ada sistem remedial atau ujian perbaikan. Kalau nilai kita jelek (nilai minimal C), resikonya adalah nggak lulus dan harus mengulang kembali mata kuliah tersebut selama 1 semester. Standar umum nilai yang bisa kita peroleh adalah: A (angka 80 ke atas), B (70-79 poin), C (60-69), D (50-59), E (50 ke bawah). Untuk nilai A kita akan mendapat poin = 4, B=3, C=2, D=1 dan E=0.
Tiap mata kuliah memiliki bobot SKS (Satuan Kredit Semester) tertentu dan nilai yang diperoleh akan dikalikan bobot tersebut. Misalnya, mata kuliah X memiliki bobot 4 SKS, dan nilai kita adalah B (3 poin), berarti nilai kita untuk mata kuliah tersebut adalah 4x3=12. Nantinya, dari rata-rata nilai seluruh mata kuliah akan muncul IP (Indeks Prestasi), dengan skala 1 sampai 4. Untuk bisa lulus, kita harus mengumpulkan jumlah SKS tertentu. Biasanya untung jenjang S1 adalah 144 SKS, yang umumnya bisa dicapai dalam 8 semester.
Persamaan : Ada UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester) untuk tiap mata pelajaran. Bedanya, ujian bisa berbentuk tes biasa dan bisa pula open book atau tugas (take home  test). Itu tergantung kebijakan dosen.


Pengajar
Perbedaan : Dosen nggak akan repot-repot mengingatkan kita untuk mengumpulkan tugas atau memperhatikan pelajaran. Di sini kitalah yang tanggung jawab penuh terhadap diri sendiri.
Persamaan : Seperti guru, dosen juga punya berbagai karakter, ada yang killer, santai, seru, dan banyak lainnya.


Pergaulan
Perbedaan : Kalau waktu sekolah masih ada geng populer, dan ada orang-orang yang berusaha masuk geng tersebut, maka agak berbeda dengan di kampus. Di bangku kuliah, bisa dibilang siapa saja bisa bersinar dengan keunikan masing-masing. Sebaliknya, orang yang pilih-pilih dalam bergaul, akan susah untuk bertahan. Soalnya, di sini kita harus kerjasama dengan banyak teman. Tapi di saat kuliah pula kita jadi punya kecenderungan untuk lebih induvidual.
Persamaan : Anggapan yang bilang kalau kekonyolan, seru-seruan dan sobat kental nggak bakal bisa lagi ditemukan saat kuliah, salah besar. Semua kesenangan itu masih ada di universitas.


(Gadis mgz)

Labels: ,


Photobucket Photobucket